Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Selular.id

Apple Batalkan Pengembangan Kacamata AR

Apple dikabarkan mengembangkan kacamata augmented reality (AR) sejak tahun 2017. Kini, telah muncul prediksi dari analis ternama, Ming-Chi Kuo, tentang waktu kedatangan perangkat baru ini. Dalam catatannya kepada investor, Kuo dikabarkan menuliskan produksi kacamata ini akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2019, tapi bisa saja mundur hingga kuartal kedua tahun 2020.

Kacamata Augmented Reality (AR) merupakan proyek Apple dimasa mendatang Apple dikabarkan telah berusaha mengembangkan kacamata itu selam dua tahun atau lebih untuk menjalankan proyek ini.Keseriusan Apple dalam mengembangkan proyek ini ditandai untuk mempekerjakan teknisi AR dan memasukkan paten terkait AR.

Namun kabar terbaru beredar, bahwa Apple Apple telah menghentikan pengembangan proyek kacamata AR. Tentunya kabar buruk bagi Apple, yang selama ini fokus pada inovasi teknologi baru.

Selama beberapa bulan terakhir, banyak outlet melaporkan Apple tengah berupaya mengembangkan kacamata AR mereka sendiri. Namun, laporan terbaru dari DigiTimes menunjukkan, tim yang menggarap kacamata dibubarkan pada Mei lalu dan dipindah tugaskan ke tim yang berbeda.

Mengutip Apple Insider, penghentian pengembangan bermula saat desainer Apple Avi-Bar-Zeev meninggalkan tim kacamata AR pada Januari lalu. Bar-Zeev sendiri dikenal ikut menciptakan kacamata Microsoft HoloLens.

Bila Apple merilis sepasang kacamata AR, mereka kemungkinan dapat berfungsi dengan iPhone, mirip Apple Watch saat pertama kali diluncurkan. Tapi, beberapa laporan mencatat kacamata akan menjadi perangkat mandiri.

Apple tentu saja buka satu-satunya perusahaan yang tertarik dengan kacamata AR. Sudah ada perusahaan teknologi besar yang terjun ke dalam bisnis kacamata AR seperti Microsoft, Magic Leap One, dan Nreal Light. Nreal Light menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 dan memanfaatkan koneksi ke smartphone berbasis Snapdragon 855 via USB-C untuk melakukan tugas berat. Dikabarkan, Apple juga memiliki kacamata AR dengan konsep serupa.

Sumber : Selular.id


Share to: