Foto
Foto : Instagram (@dede_sunandar's)

Anak Kedua Dede Sunandar Idap Sindrom Williams, Apa itu Sindrom Williams?

Kabar sedih menimpa keluarga Dede Sunandar, artis (pelawak dan pembawa acara) asal dari Ciamis. Pasalnya hati orang tua mana yang tidak hancur dan sedih saat mengetahui anak keduanya (Ladzan Syafiq Sunandar) divonisĀ  penyakit langka, Sindroms Williams.

Tak banyak diketahui, penyakit Sindrom Williams ini merupakan kelainan genetik yang mempengaruhi banyak bagian tubuh. Hal ini disebabkan oleh penghapusan sekitar 27 gen yang terjadi saat pembentukan sel telur dan sperma.

Salah satu efek dari sindrom ini seperti dahi yang lebar, hidung pendek dan pipi penuh. Penampilan ini telah digambarkan seperti muka "peri".

Penderita Sindrom Williams cenderung mempunyai masalah dengan gigi, jantung, serta hiperkalsemia (kadar kalsium tinggi dalam darah).

Berikut tanda dan karakteristik Penyakit Sindrom Williams , antaranya:

1. Mulas parah dan berkepanjangan.

2. Kesulitan buang air kecil.

3. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

4. Berat badan yang sulit bertambah.

5. Barisan gigi yang renggang.

6. Filtrum yang panjang.

7. Pangkal hidung yang datar.

Pengidap Sindrom Williams biasanya akan mendapatkan operasi untuk mengatasi masalah jantung dan pembuluh darah, selalu rutin minum obat demi mengendalikan tekanan darah, dan menerapkan diet rendah kalsium dan vitamin D mengingat kadar dari kedua hal ini sangat tinggi dalam tubuhnya.


Share to: