Foto
Penampakan Bandara Internasional Minangkabau-Sumatera Barat/Vertanews/Dimeitri Marilyn

Pasca Idhul Fitri, Ada 17.197 Pemudik Diberangkatkan Dari Bandara Minangkabau

Sedikitnya ada 17.197 pemudik yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada arus balik Lebaran 2019. 

Data ini tercatat pada jumlah manifes penumpang sejak H+1 hingga H+3 Lebaran dan seterusnya dimulai pada 7 Juni 2019 sampai 9 Juni 2019 kemarin.

"Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama 2018 dengan jumlah penumpang yang diberangkatan mencapai 21.081 pemudik," kata Pimpinan Humas PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padang Pariaman, Senin, 10 Juni 2019 dikutip dari Antaranews.com

Menurut Fendrick pihak AP II sudah memperkirakan arus balik di Bandara Internasional Minangkabau masih akan berlangsung sampai Kamis, 13 Juni 2019.

Dari data internal AP II Bandara Minangkabau pada H+3 Lebaran jumlah pemudik yang berangkat mencapai 6.812 orang diangkut 42 penerbangan. Di lain sisi pada H+3 arus mudik di Badara Internasional Minangkabau masih terjadi angka kedatangan pemudik yang masih cukup tinggi.

Pada H+3 jumlah pemudik yang tiba mencapai 5.214 orang menggunakan 40 penerbangan.

Fendrick menuturkan bahwa arus mudik tetap tinggi karena banyak juga yang memilih berangkat beberapa hari setelah Idhul Fitri.

Dia menambahkan pergerakan penumpang pada lebaran tahun ini mengalami penurunan ketimbang tahun lalu sebanyak 20%. Hal tersebut lantaran adanya harga tiket pesawat dari sejumlah maskapai penerbangan.

Alhasil, asumsi dari Fenderick para pemudik memilih jalur darat atau tol Trans Sumatera yang dibangun era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masih kata Fenderick langkah antisipasi pemudik lewat jalur pesawat sudah cukup baik di Bandara Minangkabau tersebut. Pasalnya pada kapasitas terminal saat ini mencapai 2,7 juta penumpang per tahun walaupun pada 2017 jumlah penumpang mencapai empat juta orang. (DNM)


Share to: