Foto
Anggota TNI Berseragam Lengkap Rela Basah-basahan. Foto: Dok. Istimewa

Anggota TNI Berseragam Lengkap Rela Basah-basahan Demi Selamatkan Lumba-lumba

Menjadi seorang pengabdi negara memang harus siap dalam keadaan apapun. Tidak dengan menjaga NKRI saja, namun juga banyak hal yang memang sangat mendesak terjadi di dalam negaranya.

Contoh kecilnya seperti cerita seorang anggota TNI AD Serda Mochtar yang menyelamatkan ikan lumba-lumba saat terdampar di Pantai Klathak, Tulungagung, Jawa Timur dan menjadi viral.

Serda Mochtar kala itu yang masih berseragam lengkap TNI, terekam kamera mengangkat seekor ikan lumba-lumba untuk dipindahkan ke laut yang lebih dalam sehingga ikan tersebut bisa terselamatkan. Ia pun rela berbasah-basahan demi menolong hewan itu.

Menceritakan kronologi, Serda Mochtar awalnya tidak menyangka hal itu akan viral. Saat kejadian memang ia sedang bertugas mengamankan kegiatan di Pantai Gemah yang rencananya akan dihadiri oleh Komandan Kodim, namun ternyata pimpinannya batal hadir.

Akhirnya waktu yang luang dipakai Serda Mochtar dan keluarga untuk menikmati pemandangan di Pantai Klatak yang tak jauh jaraknya dari pantai Gemah. Lima menit duduk di pinggir pantai, tiba-tiba ada ombak yang cuku besar datang. Saat itulah ia mendapati ada ikan lumba-lumba sepanjang satu meter dengan berat lebih dari 50 kilogram terdampar tepat di hadapannya.

Dibantu warga dia berusaha untuk mengembalikan ikan itu ke laut yang lebih dalam.

"Saya kaget karena tiba-tiba ada ikan besar di hadapan saya, naluri mendorong saya untuk spontan menolong binatang dilindungi itu, saya kembalikan ke laut," ucap Serda Mochtar.

Tanpa berfikir panjang ia berupaya mengangkat ikan lumba-lumba yang kala itu juga mengalami luka pada bagian siripnya karena terkena karang. Warga yang melihat kesusahan Serda Mochtar langsung membantunya.

Aksinya menjadi viral di dunia maya membuat Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Letkol Inf Wildan Bahtiar memberikan penghargaan saat apel pagi di halaman Makodim 0807, Senin, 2 September 2019.

"Kami memberi apresiasi atas tindakan anggota kami yang menyelamatkan binatang yang dilindungi tersebut," ucap Dandim 0807, Letkol Inf Wildan Bahtiar.

Ia juga berharap semangat kepedulian Serda Mochtar bisa menular ke seluruh jajaran anggota TNI maupun masyarakat umum.


Share to: