Foto
Gubernur Bank Indonesia Perry

Gubernur BI Yakin Infrastruktur Akan Tumbuhkan Geliat Ekonomi Nasional

Bank Indonesia (BI) meyakini jika pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan geliat ekonomi secara nasional. Hal tersebut dikarenakan asumsi pemasukan nasional saat Idhul Fitri 1440 Hijriah menjadi cerminan progres pemasukan nasional lewat sejumlah tol yang dibangun.

Seperti diketahui pada masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama lima tahun sudah membangun sejumlah jalan tol penghubung. Mulai dari Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, Tol Papua, dan Jalur penghubung.

"Tentu kami yakini bahwa pembangunan infrastur akan mempengaruhi pendapatan secara nasional. Kira-kira bisa mengalami kemajuan 10-20% di tahun ini," kata Perry Warjiyo kepada wartawan, Senin, 10 Juni 2019.

Dari asumsi pendapatan yang bakal diterima oleh pemerintah tersebut tentu saja mempengaruhi laju inflasi sampai akhir 2019 akan memiliki tingkat lebih rendah berkisar di 3,1-3,2%. Asumsi ini tak lepas dari keyakinan BI terhadap kondisi perekonomian Indonesia yang dianggap mengalami progres yang gemilang.

"Kita melihat perekonomian kita ke depan itu akan lebih baik, kita melihat inflasi sampai akhir 2019 akan rendah menuju kisaran 3,1 sampai 3,2%,"ujar Perry.

Kepada wartawan Perry memastikan inflasi pada Mei 2019 kini mencapai 0,68% hanya bersifat temporer atau musiman. Menurun dia selepas Idul Fitri kondisi keuangan negara akan terkendali.

"Kami meyakini ini adalah musiman. Musiman Lebaran. Kami masih meyakini ke depannya inflasi akan rendah dan terkendali," imbuhnya.


Share to: