Foto
Foto : thetraychic.com

Baileys Irish Cream, Minuman Alkohol Mendunia dan Terlaris di Dunia

Baileys, minuman alkohol yang sudah mendunia dengan berbahan utama cokelat. Bahkan, Baileys menjadi minuman alkohol terlaris di dunia. 

Rasa Baileys Irish Cream seperti susu dan hadirkan sentuhan rasa cokelat. Makin enak saat dicampur kopi dan es batu, nikmat rasanya bukan. 

Pada 50 tahun lalu, Baileys merupakan whiskey khas Irlandia. Minuman ini sama saja layaknya minuman lainnya di Irlandia, namun seiring berjalannya waktu minuman tersebut semakin populer. 

Berikut 9 fakta menarik Baileys Irish Cream, minuman alkohol yang mendunia dan terlaris di dunia antaranya:

1. Pembuatan Baileys sejak tahun 1973

Berawal ketika David Gluckman, sosok yang berasal dari Afrika Selatan ditugaskan menciptakan merek baru untuk International Distillers and Vinters (IDV) lalu menjadi Diageo untuk diekspor dari Irlandia. 

Kemudian suatu pagi di bulan Mei 1973, ia dan rekan bisnisnya Hugh Reade Seymour-Davies pergi ke supermarket London, di mana mereka membeli sebotol Jameson dan satu single cream, salah satu produk susu Inggris. 

Saat itu, campuran whiskey dan krim digunakan untuk mengobati sakit perut namun campuran tersebut hanya dapat bertahan untuk waktu yang tidak lama.

2. Berbahan utama cokelat

Menurut Gluckman, krim dengan whiskey masih kurang cukup, sehingga ia menambahkan gula dan Cadbury's Powdered Drinking Chocolate ke dalam minuman tersebut sehingga memiliki rasa yang lezat. Formula ini ditemukan hanya dengan waktu 45 menit, sekalipun diubah sebelum dipasarkan. 

3. Nama Baileys diambil dari nama restoran

Awalnya, tim kreatif Baileys ingin memberikan merk Anglo-Irlandia atau O'Reilly's Irish Cream. Namun keduanya masih terdengar aneh, kemudian setelah menemukan salah satu restoran di London yang bernama Bailey's Bistro, Gluckman akhirnya mengusulkan agar mereka menyebut minuman itu "Baileys." Langsung dibelilah nama tersebut. 

4. Label pertama Baileys menggunakan alamat palsu

Pada label pertama, Baileys masih menggunakan alamat palsu sebab saat itu pabrik produksi Baileys belum ada. Saat itu alamat palsunya ialah "The Dairy Distillery, County Monaghan."

5. Baileys sudah terjual di beberapa negara

Baileys termasuk salah satu minuman beralkohol yang sudah mendunia dan sudah sukses terjual dan disajikan di setiap negara yang melegalkan alkohol.

6. Menggunakan krim Irlandia asli

Anda harus tahu bahwa Baileys sudah menggunakan 220 juta liter susu segar untuk membuat krim pada Baileys setiap tahunnya. Susu tersebut berasal dari 38.000 sapi di 1.500 peternakan milik keluarga yang terletak di pantai timur Irlandia.

7. Memiliki berbagai rasa yang berbeda

Setelah sukses dengan beberapa varian awalnya, kini Baileys semakin mengembangkan varian rasanya. Kini ada rasa chocolate-vanilla dengan Salted Caramel, Espresso Creme, Chocolate Cherry, Vanilla Cinnamon dan Almande Almondmilk. Kemudian ada rasa limited editionnya seperti strawberry dan krim, dan Pumpkin Spice.

8. Toko-toko bebas pajak menjual satu ton Bailey

Banyak toko yang menjual banyak Baileys, apalagi bagi toko yang bebas pajak. 10 negara teratas yang menjual Baileys adalah Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Kanada, Austria, Prancis dan Rusia.

9. Terlaris hingga orang banyak minum setiap harinya

Orang-orang di seluruh dunia mengonsumsi sekitar 2.300 gelas Bailey setiap menitnya, baik di dalam rumah mereka sendiri ataupun di 75 bar paling populer di Amerika.


Share to: