Foto
Keindahan pulau pantara. Foto: peson.travel

Pulau Pantara, Surga Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Pulau Seribu menjadi destinasi wisata tersendiri bagi warga Jakarta khususnya untuk menghindar dari penatnya kehidupan kota. Berjarak satu hingga dua jam perjalanan laut dari Jakarta, Pulau Seribu seolah tak habis untuk dijelajahi oleh para pemuja keindahan pantai.

Kepulauan Seribu setidaknya memiliki 12 pulau yang menjadi tujuan wisawatan domestik maupun asing. Di antara pulau itu adalah, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Putri, Pulau Bidadari, dan Pulau Bira.

Salah satu pulau yang dikenal memiliki fasilitas cukup lengkap dibanding pulau lainnya adalah Pulau Pantara. Pulau tersebut memang belum cukup dikenal oleh para wisatawan namun menyimpan sejuta pesona untuk dijelajahi.

Pulau Pantara berjarak sekitar 70 kilometer dari Dermaga Marina, Jakarta Utara. Pulau Pantara juga dikenal sebagai pulau berjarak paling jauh dari Ancol. Untuk menuju ke Pulau Pantara, wisatawan dapat menempuhnya selama dua jam perjalanan menggunakan speed Boat.

Keindahana pantai berupa hamparan pasir putih serta dan laut yang jernih membiru. Air laut sekitarnya berwarna gradasi biru tua, biru muda, dan putih dari pasir di bibir pantai.

Satu hal yang harus diingat bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pantara, pengunjung harus bersiap untuk menginap, karena pengelola pulau tidak menyediakan fasilitas one day trip. Untuk itu, pengunjung harus menyiapkan waktu minimal satu malam untuk dapat mengunjungi pulau itu.

Pengelola Pulau menyiapkan speed boat untuk berangkat menuju Pulau Pantara dari Dermaga Marina. Keberangkatan kapal hanya satu kali sekitar pukul 8.00 hingga 9.00 WIB.

Selain menyuguhkan keindahan pantai, Pulau Pantara menyajikan fasilitas olahraga air bagi para petualang alam seperti snorkeling, kano, jet ski, banana boat, dan windsurfing. Namun jika hanya ingin mendapatkan sensasi relaksasi dan menenangkan pikiran, pengunjung bisa mencoba bersepeda atau lari santai mengelilingi pulau.

Untuk berkeliling di Pulau Pantara, pengunjung hanya membutuhkan waktu satu jam dari Pulau Pantara Barat hingga Pantara Timur. Selain itu, Pulau Pantara juga memiliki sekitar 40 cottage dengan desain dominasi kayu dan rotan berpadan dengan jendela kaca ukuran besar. 

Tak hanya itu, kamar mandi di bagian belakang merupakan tumpukan bekas batu karang dengan desain terbuka dengan alam. Sementara itu di bagian tengah Pulau Pantara terdapat kolam renang air tawar yang besar. Ada pula tempat bermain anak-anak serta sarana olahraga seperti tenis, tenis meja, dan jogging track yang mengitari pulau.

Pulau Pantara hanya memiliki satu-satunya penginapan bernama Resort Hotel yang bertaraf Hotel Bintang 4. Untuk kembali ke Dermaga Marina, pengelola akan memberangkatkan kapal sekitar pukul 14.00 WIB keesokan harinya dan tiba di dermaga 22-23 Marina Ancol, Jakarta Utara.


Share to: