Foto
Presiden Joko Widodo Saat Pidato di Istana Kepresidenan-Ist

Terima DIM Revisi UU KPK, Presiden Jokowi: Saya Akan Pelajari

Presiden Republik Indonesia, Jokowi mengaku sudah menerima Daftar Isian Masalah (DIM) terkait Revisi UU tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan akan segera mempelajarinya.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Jokowi setelah membuka Konferensi ke-37 Asosiasi Insinyur Se-ASEAN (Cafeo37) di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 11 September 2019. 

"Baru saya terima DIM-nya tadi. Baru saya pelajari hari ini. Pelajari dulu, secepat-cepatnya. Kita ini baru melihat DIM-nya dulu," kata Jokowi usai membuka Konferensi ke-37 Asosiasi Insinyur Se-ASEAN (Cafeo37) di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Lebih lanjut, dia mengatakan setelah selesai, akan dikirim kepada DPR terkait beberapa materi yang perlu direvisi.

"Besok saya sampaikan, nanti saya sampaikan materi-materi apa yang perlu direvisi," ujarnya.

Saat ditanya terkait ketentuan Dewan Pengawas KPK dan SP3, Jokowi menegaskan untuk memutuskannya permasalahan tersebut dirinya harus melihat isi DIMnya terlebih dahulu.

"Jangan sampai ada pembatasan-pembatasan yang tidak perlu sehingga independensi KPK menjadi terganggu, intinya ke sana makanya saya mau lihat dulu, nanti satu per satu kita pelajari, putuskan, dan saya sampaikan," ucapnya.

Dalam menentukan sebuh materi dalam DIM tersebut, Jokowi mengatakan sudah meminta pendapat berbagai pakar dan  kementerian agar semuanya dertail.

"Sudah mulai sejak hari Senin kita maraton, minta pendapat para pakar, kementerian, semuanya secara detil, sehingga begitu DIM nanti nanti kita lihat, saya sudah punya gambaran," tandasnya. (Ahmad Mikail Diponegoro)


Share to: