Foto
Pulau Putri. Foto: pesona.travel

Menjelajahi Pulau Putri, Nuansa Bali di Kepulauan Seribu

Salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang berbeda dari pulai lainnya adalah Pulau Putri. Pulau tersebut menjadi unik karena nuansa Bali yang ditawarkan kepada pengunjung sangat kental.

Bagi wisatawan yang tak memiliki banyak waktu untuk menuju ke Pulau Bali sebagai tujuan wisata, ada baiknya mencoba Pulau Putri. Pulau tersebut hanya berjarak 90 menit dari Marina Ancol, Jakarta Utara.

Bagi wisatawan yang ingin berpetualang dapat memilih trip ala backpacker dengan merogoh kocek yang jauh di bawah rata-rata. Pasalnya, rata-rata harga paket wisata untuk menginap dua hari satu malam di atas Rp1 juta untuk satu orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak harganya bisa di bawah Rp1 juta, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Bagi penyuka petualang, kapal Ferry bisa menadi pilihan transportasi dari Marina ke Pulau Putri di samping speed boat yang harganya jauh lebih mahal. Namun demikian, paket wisata dengan kapal ferry tetap mendapatkan fasilitas penginapan yang sama.

Dibanding pulau seribu lainnya, sejumlah fasilitas yang ditawarkan Pulau Putri terbilang cukup mewah. Pulau dengan luas 7 hingga 8 hektar tersebut banyak sarana yang tersedia di pulau ini, mulai dari kegiatan bermain untuk anak maupun untuk dewasa. Beberapa fasilitas lain di antaranya 74 kamar yang dilengkapi AC, televisi, mini bar, shower water, water heater, kopi, teh, dan air mineral. 

Uniknya, Pulau Putri yang berada di wilayah administratif Jakarta Utara itu kental dengan ornamen Bali. Pengunjung disuguhkan Tarian Bali saat di area penyambutan kedatangan tamu hingga di restoran.

Selain itu, beberapa karyawan di resort ini bahkan asli orang Bali. Hanya di Pulau Putri para pengunjung dapat merasakan nuansa Bali. Nuansa itu tak didapati di Pulau Seribu lainnya. Selain itu, Pulau Putri adalah satu-satunya pulau di Pulau Seribu yang mempunyai penyulingan air tawar.

Pulau ini juga dilengkapi dengan Ruang meeting, Floating restoran dan Restoran darat. Pengunjung juga bisa memanfaatkan beberapa fasilitas seperti Kolam renang, kapal melihat dasar laut , aquarium dasar laut, Waterboom dan sunset cruise.

Selain itu, ada pula water sport seperti banana boat, canoe, snorkeling, diving dan water bee yang disewakan. Air laut di sekitar Pulau Putri masih sangat jernih dengan beberapa terumbu karang hidup dengan sangat cantik. Kejernihan air laut itu membuat aktivitas snorkeling disini sangat memuaskan.

Area snorkeling terletak di tepi dermaga yang menjorok ke laut. Area snorkeling mempunyai kedalaman kurang lebih 3 meter, sehingga terumbu terumbu karang dapat terlihat dengan jelas walaupun hanya dengan snorkeling.

Bagi pecinta alam bawah laut, pengunjung bisa melakukan aktifitas diving. Untuk menuju area diving biasanya memakai kapal, karena kedalaman yang berbeda dengan snorkeling.

Selain itu, bagi pengunjung yang tidak melakukan aktifitas snorkeling atau diving dapat juga melihat ikan warna warni dan terumbu karang cukup banyak dan bagus di tepi dermaga.


Share to: