Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Hanung Bramantyo: Habibie yang Selalu Siapkan Meja Makan dan Kursi untuk Ainun yang Telah Tiada, Foto: Dok Istimewa

Hanung Bramantyo: Habibie Selalu Siapkan Meja Makan dan Kursi untuk Ainun yang Telah Tiada

Rakyat Indonesia baru saja kehilangan sosok nasionalis dan inspiratif, Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie meninggal dunia pada pukul 18:05 WIB, Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Pria yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 itu menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 83 tahun. Ia meninggal karena sakit yang dideritanya dan dirawat intensif sejak 1 September 2019.

Hari ini, Kamis 12 September 2019, Presiden ke-3 RI BJ Habibie dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. 

Habibie akan dimakamkan di samping makam mendiang istrinya Hasri Ainun Besari yang lebih dulu berpulang pada 22 Mei 2010 lalu.

Kisah cinta Habibie & Ainun begitu menginspirasi banyak orang, hingga diadaptasi dalam film yang dengan judul yang sama. Film tersebut pun tembus hingga menjadi 2 sekuel yang disutradari oleh Hanung Bramantyo dan Faozan Rizal.

Dari yang pernah diceritakan oleh Hanung ketika berbincang langsung dengan Habibie. Habibie selalu menyiapkan piring dan kursi kosong saat makan, khusus untuk Ainun, meski istrinya itu telah tiada.

"Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama beliau (BJ Habibie), di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'ini kursi dan piringnya ibu Ainun," ucap Hanung mengenang saat ditemui di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019.

"Beliau itu selalu men-treat bahwa istrinya masih hidup atau ada," ujar Hanung. 

Mengetahui hal itu, Hanung pun terenyuh. Ia bahkan tak kuasa menahan air matanya.

"Itu yang menurut (membuat) saya menangis, karena saya bisa sadar bahwa seorang presiden dan jenius tidak berpikir hanya pekerjaan saja," ucap Hanung. 

"Tetapi masih memikirkan istrinya walaupun sudah tidak ada," pungkasnya.


Share to: