Foto
Komisioner KPU Resmi Melaporkan Akun Netizen ke Bareskrim-Kamis malam 4 April 2019/Vertanews/Firdausi Nuzula

KPU Kirim Satu Truk Bukti Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi

Komisi  Pemilihan Umum (KPU) RI mengirim satu truk alat bukti terkait hasil rekapitulasi Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi. 

Berdasarkan pantauan Vertanews di lokasi, truk berwarna oranye bertuliskan Kantor Pos itu tiba di Gedung MK sekira pukul 10.45 wib, di dalamnya terdapat sedikitnya 27 boks kontainer yang berisi bukti hasil Pemilu di lima provinsi.  

Kasubbag Distribusi Sarana dan Prasarana Pemilu Andi Rosjadi menyampaikan alat puluhan alat bukti tersebut datang dari lima provinsi. Kelima provinsi tersebut, yakni enam boks dari Sulawesi, tiga boks dari Kalimantan Utara, empat boks dari Gorontalo, enam boks dari Kalimantan Timur, dan delapan boks dari Kepulauan Riau.  

“Ini baru 5 provinsi masih ada yang lain,” ungkap Andi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu 12 Juni 2019. 

Sekedari informasi, KPU merencan bakal menyerahkan draf jawaban dan alat bukti terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 ke MK siang ini. KPU merupakan pihak termohon sengketa rekapitulasi Pilpres 2019 atas gugatan dari pihak pemohon yakni Tim Hukum pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. 

"Siang atau sore (ke MK). Rabu tanggal 12 Juni 2019 adalah batas untuk menyerahkan jawaban dari KPU, dan juga daftar alat bukti beserta dengan dokumen-dokumen yang akan digunakan sebagai alat bukti," tandas Komisioner KPU Hasyim Asy'ari saat dikonfirmasi. (Raiza Andini)


Share to: