Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Foto: Reuters

Sidang Umum PBB, Menlu Prancis: Prioritas Utama Damaikan Ketegangan AS dan Iran

Menteri Luar Negeri Prancis pada Minggu 22 September 2019 mengatakan prioritas utama dirinya adalah meredakan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran dalam pertemuan di Sidang Umum PBB pekan ini.

"Pertemuan Presiden (AS) Donald Trump dan Presiden (Iran) Hassan Rouhani menjadi nomor sekian. Prioritas utamanya adalah apakah kami dapat memulai kembali jalur deeskalasi dengan aktor yang berbeda," kata Jean-Yves Le Drian kepada awak media, dilansir dari Reuters, Senin 23 September 2019.

Sekedar informasi, Prancis memimpin upaya Eropa untuk meredakan ketegangan antara Washington dan Taheran. Upaya tersebut meredup saat Iran sendiri mengurangi komitmennya terhadap perjanjian nuklir tahun 2015.

Bantahan datang dari Taheran, mereka mambantah keterlibatan tersebut. Namun, Houthi Yaman yang didukung Iran mengaku bertanggung jawab atas penyerangan di kilang minyak milik Arab Saudi pada 14 September 2019.

Prancis rupanya tidak kehabisan akal, mereka menawarkan Iran pinjaman senilai 15 miliar dolar AS yang bakal memungkinkan penjualan minyak milik Taheran. Sebagai imbalannya, Iran mempunyai kendali penuh terkait perjanjian nuklir dan membuka perundingan yang luas tentang aktivitas nuklinya di masa depan. (Ahmad Mikail Diponegoro)


Share to: