Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Dokumentasi BNPB

Akhirnya, Sebentar Lagi Dana Relokasi Gempa Palu Cair Rp 1,9 Triliun

Para korban bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah patut berlega hati. Pasalnya, Kementerian Keuangan telah menandatangani bantuan hibah daerah sebesar Rp 1,9 triliun.

Dana ini akan diberikan kepada 3 bupati (Sigi, Donggala dan Parigi Moutong) dan 1 walikota (Palu) di Provinsi Sulawesi Tengah yang daerahnya terdampak korban gempa di Palu, September tahun 2018 lalu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berharap dana ini masuk ke rekening kas daerah setelah 7 hari kerja. 

Nantinya, dana ini akan ditransfer ke rekening perorangan kepada masyarakat yang terdampak bencana, baik yang rumahnya rusak berat, rusak sedang, dan rusak. 

“Masing-masing senilai Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 10 juta,” kata Doni dilansir Setkab, Rabu 9 Oktober 2019.

Total seluruh program relokasi ini mencapai 11.643 yang terdiri dari relokasi yang nanti akan dikerjakan oleh Kementerian PU PR sejumlah 8.788, kemudian bantuan dari AHA Center sebanyak 75 unit rumah, dan bantuan dari Mayapada Foundation sebanyak 100 unit rumah, dan bantuan dari Budha Tzu Chi yang sekarang sudah dikerjakan sebanyak 2.500 unit rumah.


Share to: