Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson/Reuters

Jelang Brexit, PM Inggris Hadapi Pemberontakan dalam Kabinet

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tengah menghadapi pemberontakan baru dari kabinetnya sehubungan dengan keprihatinan terkait Brexit yang seakan tanpa kesepakatan, saat sekelompok menteri kabinetnya siap mundur.

Menteri yang siap mundur adalah Menteri Kebudayaan Nicky Morgan, Menteri Inggris Urusan Irlandia Utara Julian Smith, Menteri Kehakiman Robert Buckland, Menteri Kesehatan Hancock dan Jaksa Agung Geofrrey Cox.

Dilansir dari Reuters, Rabu 9 Oktober 2019, seorang menteri kabinet yang enggan disebutkan namanya, dia mengutip oleh surat kabar itu mengatakan akan ada banyak anggota parlemen Koservatif akan mundur jika sampai pada Brexit tanpa-kesepakatan.

Dilansir dari The Times, Rabu 9 Oktober 2019,  menyatakan para menteri telah memperingatkan Johnson dalam satu pertemuan kabinet mengenai resiko yang besar mengenai kembali kekuasaan langsung di Irlandia Utara dan mengangkat keprihatinan mengenai Dominic Cummings, penasehat paling senior Johnson.

"Kabinet akan menetapkan strategi, bukan pejabat yang tidak dipilih. Jika ini adalah upaya untuk melakukan itu, maka itu akan gagal," kata laporan tersebut, yang mengutip seorang lagi menteri Kabinet.

Dengan hanya tersisa waktu tiga pekan sebelum Inggris dijadwalkan meninggalkan blok Eropa tersebut, masa depan Brexit masih sangat tidak pasti sementara London dan Brussels memposisikan diri mereka untuk menghindari disalahkan karena penundaan atau kekacauan dalam Brexit tanpa-kesepakatan.


Share to: