Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Dapat Endorse Kacamata, KPK Ingatkan Mulan Soal Gratifikasi. Foto: instagram

Dapat Endorse Kacamata, KPK Ingatkan Mulan Soal Gratifikasi

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengingatkan anggota DPR Fraksi Gerindra Mulan Jameela terkait unggahan di akun instagramnya soal foto kacamata merek Gucci.

"Ya seperti itu sebaiknya harus dilaporkan dulu. Nanti KPK akan lakukan klarifikasi dalam konteks apa pemberian tersebut apakah dalam kaitan business to business atau apa dan lain-lain," ujar Saut kepada wartawan, Jumat 18 Oktober 2019.

Sebab, Mulan dalam hal ini tak hanya berposisi sebagai artis, tapi juga sudah menjadi penyelenggara negara.

Pemimpin KPK itu mengatakan pemberian hadiah yang sifatnya gratis ke penyelenggara negara berpotensi menjadi pidana jika tak dilaporkan dalam batas waktu 30 hari ke Direktorat Gratifikasi KPK. 

"Kita mengacu pada Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 12B Ayat 1. Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi karena gratifikasi walau bukan suap akan tetap bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," katanya.

Ia menyebut pemberian hadiah secara gratis kepada pejabat negara bisa berpotensi menjadi pidana jika mengacu pada Pasal 12B ayat 1 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

"Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi oleh satu direktorat karena gratifikasi walau itu bukan suap akan tetapi bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," jelas Saut.

Untuk diketahui, teguran KPK terhadap Mulan Jameela berumla saat ia mengunggah kacamata yang ia sebut dikirim oleh sebuah toko.

Unggahan itu kemudian dihapus Mulan. Dalam unggahan berikutnya dia Mulan mengucapkan terima kasih kepada Saut atas masukannya yang disebutnya positif.

Mulan merespons peringatan Saut dengan menyatakan dirinya dan Gerindra akan menjaga diri dari korupsi.


Share to: