Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Pelantikan presiden. Foto: ist

Pidato Pelantikan, Jokowi Ajak Dobrak Rutinitas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti inovasi dalam pidatonya saat pelantikan di Gedung DPR/ MPR, 20 Oktober 2019. Menurut Jokowi inovasi adalah budaya karena rutinitas dikhawatirkan akan menjadi aturan dan undang-undang.

“Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya,” ujar Jokowi usai dilantik sebagai Presiden Periode 2019-2024.

Jokowo juga bercerita menyangkut halal bi halal yang digelar di Istana. Saat itu dirinya berdiri di lokasi yang sama untuk menyalami warga.

“Cerita sedikit, tahun pertama saya di istana, saat mengundang masyarakat untuk halalbihalal, protokol meminta saya untuk berdiri di titik itu, saya ikut. Tahun kedua, halalbihalal lagi, protokol meminta saya berdiri di titik yang sama, di titik itu lagi. Langsung saya bilang ke Mensesneg, ujar Jokowi.

Dia kemudian meminta Mensesneg untuk berpindah lokasi karena dikhawatirkan akan menjadi rutinitas.

“Pak, ayo kita pindah lokasi. Kalau kita tidak pindah, akan jadi kebiasaan. Itu akan dianggap sebagai aturan dan bahkan nantinya akan dijadikan seperti undang-undang.” Ini yang namanya monoton dan rutinitas,” katanya di hadapan para hadirin.

Menurutnya, mendobrak rutinitas berbeda dengan meningkatkan produktivitas. Karena menurut Jokowi kerja bukan berorientasi pada proses, tapi harus berorientasi pada hasil.

“Sekali lagi, mendobrak rutinitas adalah satu hal. Meningkatkan produktivitas adalah hal lain yang menjadi prioritas. Jangan lagi kerja kita berorientasi proses, tapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata,” katanya dallam pidato.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dijadwalkan akan digelar pukul 14.30 WIB di Gedung DPR/MPR. Sejumlah tokoh turut hadir menyaksikan pengambilan sumpah tersebut.

Pengamanan di sejumlah area di kompleks DPR/MPR Senayan juga dilakukan bahkan sejak beberapa hari sebelum pelantikan itu.


Share to: