Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Foto : rri

Jawa Timur Raih Juara Umum Kejurnas Catur Ke-48 di Maluku

Kontingen Jawa Timur berhasil menjadi juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-48 usai diumumkan pada upacara penutupan yang berlangsung pada Rabu malam (30/10/2019) bertempat di Gedung Islamic Center, Waihaong, Ambon. Jawa Timur dinobatkan sebagai juara umum setelah berhasil mengoleksi 6 medali emas, 9 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Menanggapi hasil positif ini Ketua Kontingen Catur Jawa Timur Tondo Samiadi menuturkan, kemenangan di Maluku bukanlah kali pertama. Sebelumnya, Jawa Timur juga merupakan juara bertahan sejak Kejurnas di Bogor, Jawa Barat  tahun 2017 hingga Kejurnas tahun 2018 di Banda Aceh. Sehingga hasil di Maluku merupakan koleksi gelar juara umum ketiga.

“Jawa Timur Sejak Kejurnas tahun 2017 hingga tahun lalu di Aceh dan 2019 di Maluku, 3 kali berturut – turut kami itu juara umum. Kemenangan kali ini pun jadi spesial karena di kelas senior putra kami bisa menyapu bersih gelar untuk peringkat pertama hingga keenam”, ujar Tondo.

Lebih lanjut Tondo menjelaskan, bahwa hasil yang diperoleh daerahnya bukanlah hasil instan. Segala keberhasil yang ada merupakan buah dari konsistensi pembinaan yang dilakukan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Jawa Timur sejak jauh hari.

“Kami menjadi juara umum ini tidak secara kebetulan, kami pembinaan rutin di tiap kabupaten itu dengan mengadakan liga – liga itu sudah terbiasa di Jawa Timur. Kami bahkan melakukan persiapan sejak 10 bulan lalu. Jadi, kami memang sudah mempersiapkannya sejak lama  untuk menjadikan Jawa Timur itu juara” jelas Tondo.

Tidak hanya menjadi juara umum, Jawa Timur merupakan kontingen daerah yang turun dengan kekuatan penuh. Meskipun Maluku masih dilanda gempa dan isu terkait keadaan Maluku juga sempat didengar oleh para peserta, namun kontingen Jawa Timur menaruh harapan penuh bahwa pihak penyelenggara memang telah mempertimbangkan faktor keamanan.

Selain juara umum, empat pecatur Jawa Timur juga berhasil meraih gelar Master Provinsi. Diantaranya, Bintang Rasyid juara 1 nomor Junior Putra C, Rahmat Hanafi juara 1 nomor Junior Putra F, Lutfianes Wahyu Isnaini juara 2 nomor Junior Putri A, dan Josephine Grace Rondonuwo juara 1 nomor Junior Putri G.

Peringkat juara umum berikutnya pada urutan kedua ada DKI Jakarta dengan raihan 5 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Menyusul di tempat ketiga ada Bali dengan 3 emas, dan ranking ke empat Jawa Tengah dengan 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. Peringkat kelima sendiri ditempati Daerah Istimewa Yogyakarta dengan raihan 1 emas.

Sumber : rri


Share to: