Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Foto : rri

Rawan Gempa, BNPB Uji Kelayakan Bangunan di Aceh Tengah

Aceh Tengah daerah yang pernah diguncang gempa berkekuatan 6,4 SR pada tahun 20113 lalu.

Ribuan rumah penduduk, di sejumlah Kecamatan Aceh Tengah seperti Ketol dan Kecamatan Kute Panang mengalami rusak berat.

Gempa bumi pada saat itu juga sempat memakan korban jiwa juga kalangan masyarakat sipil, anak-anak.

Daerah yang termasuk terjadinya rawan gempa, menjadi perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan uji kelayakan bangunan di Aceh Tengah.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Lahat.

“BNPB akan memfasiltiasi untuk melakukan uji ketahanan bangunan terhadap gempa bumi. Sampel akan kita ambil di beberapa Kecamatan, karena ada semacam alat yang mengukur ketahanan bangunan dari guncangan gempa bumi,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Lahat, Kamis (31/10/2019)

Nantinya hasil dari uji kelayakan yang dilakukan BNPB di beberapa Kecamatan di Aceh Tengah akan diketahui suatu bangunan tahan terhadap gempa atau tidak.

“Kita akan lakukan dan akan kita sampaikan kepada masyarakat hasilnya. Dan bangunan yang cocok di daerah tertentu,” timpalnya lagi.

Diakui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Lahat, melalui Perbup Nomor 85 tahun 2018 telah diketahui daerah rawan bencana, baik longsor, gempa, banjir dan sebagainya untuk Kabupaten Aceh Tengah

Sumber : rri


Share to: