Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
TV Series dari HBO Tingkatkan Minat Tur Wisata ke Chernobyl. Foto: Dok. Istimewa

TV Series dari HBO Tingkatkan Minat Tur Wisata ke Chernobyl

Baru-baru ini ramai diperbincangkan sebuah TV Series dari salah satu stasiun TV digital asal Amerika Serikat, HBO yang berjudul 'Chernobyl' yang mengadaptasi dari kisah nyata dari kecelakaan reaktor nuklir yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl pada 1986.

Risiko paparan radiasi juga membuat area di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl itu ditutup. 

Kota Chernobyl yang tertinggal. Foto: ABC News.

Dengan semakin ramainya perbincangan mengenai TV Series HBO yang berjudul 'Chernobyl' ini juga meningkatkan popularitas dan minat wisata ke area Chernobyl di Ukraina. Tur wisata ke area Chernobyl bisa diakses turis melalui perusahaan-perusahaan tur seperti Chernobyl Tour, SoloEast dan Chernobyl Welcome.

Turis yang bertandang ke area Chernobyl tidak perlu menggunakan baju hazmat khusus. Alasannya, tur Chernobyl yang disediakan untuk para turis tidak akan mendekati area-area yang sangat terkontaminasi.

Meski hanya mengunjungi area yang relatif aman, area-area ini tetap memiliki tingkat radiasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan normal. Karena itu, turis yang hendak berwisata ke Chernobyl harus mematuhi beberapa aturan.

Kota Chernobyl di TV Series HBO. Foto: Imdb.

Melansir dari laman LifeScience, turis tidak diperbolehkan menyentuh hampir semua objek yang ada ketika berwisata di Chernobyl. Penting bagi turis untuk tidak menyentuh struktur bangunan, pembangkit listrik bahkan tanah.

Sebagian besar tur wisata Chernobyl akan meminta para turis untuk mematuhi aturan berpakaian. Misalnya, menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang dan alas kaki atau sepatu yang tertutup penuh. Meski aturan-aturan ini tampak ketat, area Chernobyl saat ini sudah relatif lebih aman dibandingkan perkiraan banyak orang.

Setiap tur Chernobyl harus melalui zona pemindaian terlebih dahulu untuk mengukur semua paparan yang ada. Terlepas dari itu, pihak Chernobyl Tour mengatakab total dosis radiasi eksternal yang didapatkan turis selama 10 jam berwisata di zona Chernobyl cenderung beberapa kali lipat lebih kecil dibandingkan paparan radiasi yang diterima penumpang pesawat dalam penerbangan transatlantik.

Kota Chernobyl yang sudah tidak layak huni. Foto: Getty Images.

Terkait tur Chernobyl, turis dapat memiluh tur satu hari maupun tur beberapa hari. Biasanya kelompok tur Chernobyl akan berangkat dari Ibu Kota Ukraina yaitu Kiev. Sebagian besar tur satu hari dibanderol dengan harga antara 90-100 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,4 juta. Terkadang biaya ini sudah termasuk makan siang dan asuransi.

Tur wisata ke Chernobyl tidak hanya melakukan eksplorasi ke situs-situs bersejarah saja. Tur wisata ini juga menyoroti aspek-aspek menarik lain, seperti taman hiburan terbengkalai di Pripyat.


Share to: