Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Suasana Sidang eks Dirut PT PLN Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor-Vertanews/Ahmad Mikail Diponegoro

JPU KPK Pastikan Sofyan Basir Telah Rencanakan Korupsi PLTU Riau-1

Mantan Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membantu untuk memfasilitasi pemberian suap dari Johanes Budisutrisno Kotjo kepada Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham.  

JPU KPK pun menilai bahwa Sofyan Basir telah melakukan tindak pidana yang direncanakan dan diguga sudah melakukan tindakan secara bersama-sama dengan Eni Maulany Saragih, Idrus Marham dan pemegang saham PT Blackgold Natural Resources Ltd Johannes Budisutrisno Kotjo. 

"Dengan sengaja memberi kesempatan, sarana, atau keterangan untuk melakukan kejahatan," kata JPU KPK Lie Putra Setiawan saat membacakan surat dakwaan dalam persidangan perdana kasus suap proyek PLTU Riau- 1 dengan tersangka Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 24 Juni 2019. 

Dalam dakwaan tersebut tertuang pelanggaran Pasal 12 huruf a juncto Pasal 15 Undang-Undang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 56 ke-2 KUHP dan Pasal 11 juncto Pasal 15 Undang-Undang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 56 ke-2 KUHP. 

JPU KPK juga menilai bahwa Sofyan Basir juga dianggap menerima fee dari Kotjo sebesar Rp4,75 miliar yang juga dinikmati oleh Eni Maulani dan Idrus Marham. Kendati, proyek multi years yang diduga menelan biaya senilai 900 juta USD ini belum terlaksana, namun sejumlah janji dan deal proyek ini akan menjadi bancakan sudah terendus oleh KPK. (Ahmad Mikail Diponegoro)


Share to: