Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Kesel dan Marah sama Seseorang? Ini 5 Cara Terbaik Luapkan Amarah. Foto: Pixabay

Kesel dan Marah sama Seseorang? Ini 5 Cara Terbaik Luapkan Amarah

Perasaan marah yang termasuk dalam emosi negatif dimiliki oleh setiap mahkluk hidup di muka bumi ini, begitu juga dengan manusia. 

Ketika perasaan marah sedang meledak-ledak, enggak sedikit juga orang yang memilih untuk memendam rasa marah secara rapat-rapat. Meski begitu enggak sedikit juga orang yang kerap keluarakan amarah dengan cara-cara yang kasar.

Padahal faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa menahan rasa marah meningkatkan risiko kematian dini. Duh, serem banget ya?

Meskit begitu, kamu enggak perlu khawatir. Ternyata ada kok 5 cara mengeluarkan rasa marah yang baik dan benar agar emosi negatif mu tersalur dengan baik, kesehatan tubuh dan mental juga dipercaya akan baik-baik saja. Simak dibawah ya!

1. Olahraga

Salah satu cara yang disarankan ketika merasa marah adalah melakukan olahraga. Apapun jenisnya, olahraga dapat membantu mengeluarkan energi berlebihan yang kamu rasakan dalam dirimu. Selain itu, aktivitas ini dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat mengubah perasaanmu menjadi lebih baik.

2. Meminta waktu untuk sendiri saat marah

Jika kamu marah pada seseorang yang sedang berada di depanmu atau pada orang yang tengah menjadi lawan bicara di telepon, disarankan untuk meminta waktu sendiri sejenak. Kamu membutuhkannya untuk meredam rasa marah dan menenangkan diri. Kamu bisa menyampaikan perasaan tak suka dengan kalimat yang lebih baik dan tak menyinggung lawan bicara.

3.  Menuliskan perasaan

Ketika kamu merasa bingung untuk mengeluarkan rasa marah, bisa kamu lampiaskan di dalam buku harian. Tulis apa yang kamu rasakan di dalam buku itu. Tulis saja semuanya, mulai dari siapa yang membuatmu marah, hal yang menimbulkan perasaan marah, dan bagaimana perasaanmu sendiri. Cara ini bisa sangat membantu untuk menenangkan pikiran dan hatimu yang sedang emosi.

4. Mencoba teknik pernapasan sederhana

Sadarkah kamu jika sedang merasa marah, pernapasan jadi tak beraturan? Mulai sekarang, cobalah melakukan teknik pernapasan sederhana yang bisa mengekspresikan emosi dengan cara yang baik dan membuatmu menjadi lebih cepat tenang. Mulailah dengan ambil nafas secara mendalam, tahan selama tiga detik, lalu hembuskan secara perlahan. Disarankan untuk melakukan teknik ini sebanyak 30 kali berturut-turut ketika sedang marah.

5. Jalan-jalan

Salah satu cara mengeluarkan rasa marah yang baik dan benar adalah dengan jalan-jalan sejenak mencari udara segar. Jika sedang merasa marah dengan seseorang atau suasana di dalam ruangan, cobalah menghindar dan tinggalkan ruangan tersebut. Jalan-jalan sejenak mencari udara segar minimal 20 menit untuk menenangkan diri dan kembali setelah kamu merasa lebih baik.


Share to: