Foto
Bangga! Indomie Kuasai 90 Persen Pasar Mie Instan di Turki. Foto: Instagram

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi pabrik Mie Instan Indomie di zona industri Tekirdag, Turki. Kunjungan tersebut dilakukan guna meninjau keberhasilan Indomie yang berhasil mendominasi pangsa pasar mie instan di turki.

Kedatangan Menteri Enggartiasto juga disambut oleh Chief Financial Officer (CFO) Adkoturk Yusuf Hermawan Achmad dan General Manager (GM) Indofood Turki Adkoturk Wassim Brinjiki.

“Kalau kita sudah tahu besarnya pasar di Turki, maka Pemerintah akan mengajak pelaku usaha Indonesia untuk berinvestasi menanamkan modal dan mendirikan pabrik di Turki, seperti Indofood. Keuntungannya, bahan baku tetap diekspor dari Indonesia.,” ujar Menteri Perdagangan RI dalam keterangan resmi yang diterima wartawan pada Senin 22 Juli 2019.

Selain itu, menurut Yusuf Hermawan juga mengungkapkan bahwa pada awalnya banyak sekali tantangan yang dihadapi saat pertama kali memasuki pasar Turki. Perbedaan budaya menjadi tantangan tersendiri akrena masyaralat Turki saat itu tidak mengenal dan tidak pernah mengkonsumsi mie instan.

“Tantangan terberat yang kami hadapi adalah memperkenalkan mie instan yang belum pernah dikenal sebelumnya oleh masyarakat Turki. Sangat sulit meyakinkan konsumen Turki untuk mencoba menu baru yang berbeda dari budaya mereka. Memerlukan upaya cukup keras untuk memasukkan Indomie menjadi menu konsumsi mereka,” tutur CFO Indofood Turki itu.

Namun, setelah sembilan tahun beroperasi di Turki, produk mie instan Indomie saat ini telah tersebar di 81 provinsi di Turki. Produk mie instan Indomie dapat diperoleh di semua pasar ritel besar dan kecil di seluruh Turki, serta dijual secara daring. 

Saat ini, konsumen di Turki dapat membeli Indomie satu kardus atau bahkan satu truk secara daring.


Share to: