Foto
Zulhas/ Vertanews

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut, dukungan kepada pemerintah pimpinan Jokowi-Ma'ruf seharusnya tidak dengan syarat tertentu. Sebab, Jokowi-Ma'ruf merupakan presiden dan wakil presiden terpilih yang ditentukan KPU dari hasil Pilpres 2019.

Pernyataan Zulkifli ini diungkapkan terkait pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang mengungkapkan syarat rekonsiliasi pasca-Pemilu 2019. 

"(Seharusnya) enggak pakai syarat-syarat. Ingat, yang berdaulat itu rakyat. Rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih. Siapa yang berdaulat? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara," ujar Zulkifli di Kompleks DPR, Senin 22 Juli 2019.

Bahkan, selain rekonsiliasi bisa dicapai atas kesamaan visi misi, diketahui Amien menyinggung pembagian porsi 55:45 di pemerintahan. 

Jokowi, kata Zulkifli, dalam perannya sebagai kepala negara terpilih memiliki hak prerogatif dalam memilih siapa yang akan membantunya dan mengisi kursi di kabinet. 

Apabila PAN nanti memutuskan bergabung ke koalisi partai politik pendukung pemerintah, Zulkifli juga menegaskan partainya tidak akan mengajukan syarat apapun kepada Jokowi-Ma'ruf. 

"Oleh karena itu, kami enggak pakai syarat-syarat. Kami mendukung agar Pak Jokowi sukses memimpin Indonesia," pungkasnya. (Umamah)


Share to: