Foto
Pelaku pelecehan bendera merah putih (Foto: @yuni_rusmini)

Belakangan viral di sosial media video sekelompok pemuda terlibat dalam aksi mengencingi bendera Indonesia, merah putih.

Dalam video yang di bagikan oleh akun Instagram @yuni_rusmini pada Minggu 11 Agustus 2019 tersebut terlihat seorang pemuda tengah buang air kecil di dekat bendera merah putih. Sedangkan seorang pemuda lainnya terlihat merekam aksi tersebut.

Sempat membuat video permintaan maaf, polisi telah menangkap empat orang yang diduga terlibat dalam video aksi mengencingi bendera merah putih tersebut. 

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan keempat pemuda itu sedang diperiksa intensif oleh penyidik. 

"Diamankan. Saat ini empat pemuda tersebut masih diinterogasi oleh tim gabungan Polres Inhu (Indragiri Hulu)," kata Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu 11 Agustus 2019.

Keempat pelaku yang diamankan yakni BOS, MFS, MSS, dan DSW. Keempatnya merupakan warga Indragiri Hulu.

Dedi mengatakan empat pelaku melakukan aksinya pada Jumat, 9 Agustus 20129 malam pukul 23.40 WIB. Video tersebut diunggah melalui Instagram story pelaku. 

"BOS memposting video tersebut ke insta strory Instagram miliknya dengan nama akun @boswestaaa," lanjutnya.

Keempatnya dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan bendera merupakan simbol kedaulatan dan kehormatan negara.


Share to: