Vertanews - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Pecinta Burung Gunakan Ilmu Hitam untuk Menang Lomba. Foto vertanews.id

Era 80'an Pecinta Burung Gunakan Ilmu Hitam untuk Menang Lomba

Berbagai cara terkadang dilakukan para kicau mania atau pemilik burung agar menang dalam ajang kontes atau lomba yang mereka ikuti.

Tidak dengan tindak kejahatan, namun biasanya para pemilik burung menggunakan cara-cara mistis atau mengikut sertakan orang pintar (dukun) untuk membantu mereka meraih kemenangan tersebut.

Dilansir dari akun Instagram @burungnyadotcom, pada tahun 1985-1997 banyak sekali kicau mania yang menggunakan cara-cara ilmu hitam agar menang. Salah satunya susuk paku payung emas yang di pasang di bagian dalam atas sangkar Murai Batu.

"Burung ini langsung koncer juara 1 karena burung di sekitarnya diam saja dan tidak kerja sama sekali," tulis akun @burungnyadotcom.

Tak hanya susuk saja, terkadang sesajen kembang juga sering terlihat dalam lomba

"Biasanya peserta akan mengelilingi lapangan lomba beberapa kali sambil melemparkan bunga di tepi lapangan," tulis kembali @burungnyadotcom.

Bentuk jimat dalam lomba burung pada saat itu juga, biasanya berupa jarum kecil yang diselipkan di alas sangkar, bunga kecil dan secarik kertas yang dibungkus kain putih atau hitam.

@burungnyadotcom juga menjelaskan bahwa dukun yang profesional bisa kerja jarak jauh tanpa perlu menyiapkan benda-benda apapun. Juri bisa jadi bingung dan semua burung disekitar menjadi diam semua.

Namun kemajuan zaman dari tahun 2000 hingga sekarang ini sudah tidak lagi ditemui adanya ilmu-ilmu hitam yang digunakan kicau mania atau pecinta dan pemilik burung untuk meraih kemenangan. Mereka lebih percaya pada kemampuan burung yang sudah dilatih sedemikian rupa untuk memberikan yang terbaik dalam lomba.


Share to: