Foto
Foto: Dokumentasi rri.co.id

Rian (20) warga berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, dilaporkan hilang tenggelam terseret arus saat mandi di Pantai Desa Alur Pinang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

"Laporan tentang membahayakan jiwa manusia yakni orang tenggelam di Aceh Selatan sudah dilakukan pencarian. Hasil hingga hari ini masih nihil," kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/ Basarnas) Aceh, Budiono SE MM, melalui  Koordinator Pos SAR Meulaboh, Dwi Hetno, kepada RRI, Rabu 14 Agustus 2019.

Pria yang diketahui bekerja sebagai tenaga honore di PT PLN unit Gardu Induk Gunung Cut, Kabupaten Aceh Selatan, peristiwa hilangnya korban saat mandi bersama sejumlah rekannya di laut pada Selasa 13 Agustus 2019 pukul 16.30 WIB.

Korban bersama tiga rekannya yang satu tempat kerja, awalnya datang ke pantai dan duduk - duduk santai di tepian pantai, sekira pukul 17.00 WIB keempat pemuda tersebut mandi bersama, hanya berselang 15 menit, korban ditarik arus laut.

"Seorang saksi atas nama Dio berupaya menolong korban dengan cara menarik tangan korban, namun usaha tersebut gagal dan korban hilang terbawa arus. Saat itu arus semakin keras menyeret korban," jelasnya lagi.

Karena arus semakin kuat, kemudian saksi - saksi berenang ke tepian laut untuk meminta bantuan, sekira pukul 17.45 Satgas SAR yang bertugas di Kabupaten Aceh Selatan ke lokasi kejadian dan langsung melakukan pencarian.

"Pukul 18.00 WIB upaya pencarian dari SAR dihentikan semantara. Kemudian pencarian dilanjutkan pada  sekira pukul 20.00 WIB. Sampai hari ini masih dilakukan pencarian dengan hasil masih nihil," tutur Dwi.

Ia menjelaskan, bawah di lokasi kejadian tersebut merupakan laut hamparan lepas dan terbuka sehingga rawan terjadi kecelakaan, peristiwa tersebut bukan lah yang pertama, tapi sudah yang ketiga kalinya.

Karena telah sering menelan korban, kawasan pantai tersebut direkomendasikan tidak layak menjadi objek wisata permandian karena sangat berisiko untuk keselamatan jiwa manusia.

Sumber: rri.co.id


Share to: